Jumat, 10 Juni 2016

LEBIH BAIK MELANJUTKAN SMA APA SMK?

Sama kondisi keluargamu kyak aq. Tapi bedanya aq sudah lulus SMK Negeri jurusan otomotif . dan aq sedikit menyesal sekolah di smk. 

Aq akan sedikit cerita :
Aq memang terlahir dari keluarga tdk mampu, waktu itu sdang gncar2nya mjd omongan bhwa setelah lulus SMK bisa lngsung bekerja, dan ortuku langsung terobsesi oleh isu tsb. Dan akhirnya aq masuk SMK yg mana itu keinginan ortuku bukan keinginanku.
Akibat dari itu aku kurang serius belajar di SMK . Pelajaran yg aku sukai (SAINS) terutama biologi tidak diajarkan. Jadi aq kurang serius. Akibatnya pelajaran lain aku abaikan dan ironisnya nilaiku juga jelek2. Tapi alhamdulilah kini aku sudah lulus (2013) dan udah diterima di perusahaan mobil. Tapi kalau boleh jujur aq tidak suka bekerja aq penginnya kuliah. Tapi mau gimana lagi tuhan tlah menentukan jalan hidupku seperti itu ,mau tak mau aku harus merimanya.
Memang SMK bisa dalam artian bsa bkerja & kuliah, tapi kalau diliat kenyataanya dilapangan slogan itu tak ada apa2nya bila dilihat langsung dlm kenyataanya.
Bekerja sih bisa memang tapi dg ketentuan kontrak dan jangka wktu paling lama 2thun, setelah itu dah ,koit.
Kuliah mungkin bisa bagi anak yg bnar2 pinter dan bisa bersaing. Tapi kebanyakan anak SMK males2. Beda sama Anak SMA.
Maka kalau pngin kuliah harus bnar2 pinter , otakmu harus setara sama anak2 SMA.
Kalau SMA setelah lulus memang tak bisa bekerja karena di SMA belum diajarkan Soft skill dan hard skill , itu akan diajarkan ketika sudah masuk PTN.
Nah beruntungnya anak SMA yaitu kalau sudah lulus kuliah dan mendapat gelar ,misal : S1 dan ndaftar di Perusahaan manapun langsung bisa diterima dan ditempatkan diposisi/bagian yg lebih tinggi dari pada lulusan SMK yg hanya bisa jadi karyawan.
Misal : kamu lulus SMK dan tman kamu lulus SMA tahun ini (2013) dan kamu ndaftar di PT. AHM , paling2 kamu sampai 3 tahun kedepan cuma bisa jadi karyawan tak lebih dg gaji yg gitu gitu aja, sedangkan temanmu krna lulusan SMA pastinya kuliah, nah kuliah kan 3 taon, kalau misal tmanmu udah lulus kuliah dan mendapat gelar S1 dan ndaftar di perusahaan yg sama dgmu otomatis tmanmu akan ditempatkan di posisi yg lebih tinggi darimu dan dg gaji yg sangat besar. Jadi keliatankan bedanya lulusan SMA sama SMK :kalau SMA bisa jadi atasan sdangkan SMK cuma bisa jadi Karyawan (diperbudak). Kamu pasti dah bisa bayangin lah.
Sumber:saranku :
Pilihlah sekolah sesuai keinginanmu. Sesusai minat dan bakatmu. Dan kalau kamu nanti dah diterima sesuai sekolah yg kamu inginkan, belajarlah dg sungguh2 jgn buang2 waktu sekolahmu. Kakak yakin kamu akan menyesal setelah lulus nanti bila kamu menyiakan masa sekolahmu.
Jaman sekarang cari kerja sulit ,ada kontrak2nya gitu.
Kalau nggak pngin kontrak jadilah pegawai negeri ,syaratnya kamu harus kuliah.
Untuk masuk kuliah sekarang menggunakan nilai raport bila kamu masuk lwat SNMPTN jalur undangan. Maka dari itu Belajarlah dg giat biar nilai raport kamu bagus2 siapa tau bisa masuk kuliah dan mendapatkan beasiswa. .
Dah itu saja. Semangat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar